Bisa jadi saat ini Anda sedang merencanakan bisnis online sebaik-baiknya. Semua telah Anda lakukan, mulai dari market research, memilih nama yang paling Anda sukai, hingga merancang sistem manajemen yang benar-benar sempurna.

Sayangnya, segala daya upaya Anda tidak akan bekerja dengan baik di internet tanpa nama domain yang tepat. Kami beritahukan kepada Anda: nama domain sangat berpengaruh dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis online. Karenanya, sebelum mulai membuat website, Anda perlu benar-benar memikirkan nama domain untuk website Anda terlebih dahulu.

Memilih nama domain memang gampang-gampang susah. Tidak sulit, sebenarnya. Namun juga tidak mudah karena Anda tidak bisa sembarangan memilih. Nama domain sebaiknya dapat mewakili bisnis maupun entitas yang Anda representasikan di dunia online. Tentu, dalam jangka panjang hal ini berkaitan dengan citra yang ingin Anda tampilkan.

Anda Sebaiknya Memiliki Domain .COM Terlebih Dahulu …
8 dari 10 website teratas dunia berdasarkan ranking Alexa menggunakan domain .COM. Hal ini menunjukkan bahwa domain .COM memiliki popularitas yang sangat tinggi, terbukti dari banyaknya website terkenal yang menggunakan domain tersebut. Dengan .COM, website Anda pun bisa meraih kesuksesan seperti mereka.

Menurut statistik yang dilansir Verisign, hingga kuartal keempat tahun 2016, terdapat 329,3 juta Top Level Domain (TLD) telah terdaftar. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 21 juta domain, atau sekitar 6,8% dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah total di atas, .COM masih merajai pasar domain dunia karena terdapat 126,9 juta domain yang didaftarkan hingga periode yang sama. Ini artinya, hampir 50% website yang ada di dunia menggunakan domain .COM.

Jika Anda membaca ulasan ini dan belum pernah memiliki domain sendiri, sekarang adalah momen yang tepat bagi Anda untuk memulai kesuksesan di dunia online. Anda dapat mulai dengan mendaftarkan domain .COM milik Anda sendiri di sini.

Mengapa Domain COM?
Pada awalnya suatu website diakses tanpa menggunakan nama domain, hanya melalui deretan angka sebagai IP address saja. Cara ini tentu sangat menyulitkan. Menyebutkan IP address http://93.188.165.229/ sebagai alamat website tentu bukanlah ide bagus, bukan?

Karenanya, pada tahun 1985 mulai digunakan tiga ekstensi domain yaitu .COM, .NET, dan .ORG dengan tujuan untuk mempermudah akses serta penyebutan suatu website. Seiring berjalannya waktu, tiga domain ini memang memiliki banyak peminat. Dan, tentu saja, hingga kini yang paling banyak digunakan adalah .COM.

Kami memiliki beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan domain .com daripada beli domain lain yang tersedia.

1. Mudah Diingat

Apa yang terlintas di kepala Anda ketika berbicara tentang website? Yap, selain website media sosial, besar kemungkinan website dengan domain .COM-lah terlintas di kepala. Bagi banyak orang awam, website adalah .COM. Tidak hanya itu saja, di Niagahoster kami kerap menemui klien yang mengira memiliki domain .COM sama artinya dengan sudah memiliki website utuh. Ibaratnya, ini sudah seperti sebuah standar. Bahkan rasanya membuat website tanpa memiliki domain .COM adalah hal yang tabu. Seseorang harus memiliki domain ini terlebih dahulu sebelum berburu nama website dengan ekstensi berbeda.

2. Lebih Populer

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, domain COM sangat populer di dunia. Hampir 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi .COM sebagai alamat. Di tengah banyaknya website yang ada, bagaimana Anda bisa terlihat unik? Anda tidak perlu khawatir. Nama yang sama persis tidak akan bisa digunakan dua kali. Pun jika nama yang Anda inginkan tidak tersedia, Anda tetap bisa menggunakan nama lain yang masih ada hubungannya dengan Anda.


Tidak kebagian domain yang Anda inginkan dalam ekstensi .COM? Jangan khawatir! Anda tetap dapat mendaftarkan nama yang sama namun dengan ekstensi berbeda. Daftar dengan .NET sekarang!

3. Ramah SEO

Jika Anda ingin agar website tampil lebih baik di mesin pencari, penggunaan domain .com sangat disarankan. Banyak yang berpendapat bahwa tidak ada domain yang memiliki keistimewaan performa di mesin pencari.

Akan tetapi, domain .COM memiliki cakupan internasional. Domain berkode daerah (seperti .co.id atau .us) sifatnya lokal dan Google menggunakan domain ini untuk melakukan geotarget suatu website. Ini artinya, website dengan domain kode daerah hanya akan relevan untuk daerah tertentu saja. Sebaliknya, domain COM bersifat lebih universal sehingga website Anda dapat lebih mudah muncul di mesin pencari.

4. Pendaftaran Mudah

Nama domain .com bisa Anda daftarkan dengan sangat mudah. Tidak seperti domain berkode negara yang hanya tersedia di daerah tertentu dan membutuhkan persyaratan dokumen tertentu, Anda bisa mendapatkan domain ini dimana saja. Anda hanya perlu memilih domain yang Anda inginkan, selesaikan pembayaran, dan nama domain akan menjadi milik Anda dalam hitungan detik. Jadi tunggu apa lagi, dapatkan domain .COM sekarang!

5. Lebih Murah

Selain mudah, domain .com tersedia dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan domain lain. Tidak hanya pendaftaran pertama saja, biaya perpanjangan tahunan domain ini juga sangat terjangkau. Di Niagahoster, domain murah .COM bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 105rb saja. Menarik, bukan?

6. Domain COM Menggambarkan Bisnis

Seperti domain lain, ekstensi domain .com juga memiliki peruntukan khusus. Domain .com merupakan kependekan dari ‘commercial’, atau ditujukan untuk para pemilik bisnis. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang berusaha atau malah sudah memiliki bisnis. Website Anda akan terasa lebih “resmi” karena akan sesuai dengan peruntukannya. Meskipun demikian, kini banyak juga pemilik website memilih domain .com karena lebih mudah diingat.

Haruskah Saya Membeli Nama Domain dengan Ekstensi Lain?
Ya, tentu saja! Selagi domain tersebut belum didaftarkan orang lain, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan ‘sapu bersih’ domain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Domain .NET bisa Anda jadikan pilihan di sini, misalnya domainanda.net.

 Bahkan, jika memungkinkan Anda juga dapat sekalian membeli nama domain yang mirip milik Anda namun terdapat typo atau salah ketik seperti domaianda.com (tanpa huruf ‘n’ di tengah), ataupun domainand.com. Pada domain ini Anda bisa tetapkan fungsi redirect, agar pengunjung yang salah ketik tetap bisa sampai ke website Anda. Cara serupa bahkan juga digunakan oleh Facebook dengan membeli domain typo seperti Facebok.com (dengan satu huruf ‘o’) maupun Faceboo.com (tanpa huruf ‘k’). Anda pun dapat melakukannya!

Memilih nama domain adalah soal citra. Meskipun demikian, bukan berarti Anda perlu menghalalkan segala cara. Kami sangat tidak menyarankan Anda mengambil domain yang jelas-jelas menjadi milik orang lain. Atau, malah memilih nama domain yang masuk dalam daftar hitam Google karena pemilik sebelumnya menyalahi aturan. Jika ini yang terjadi, bisa jadi website sama sekali tidak dapat ditemukan di mesin pencari, sekuat apapun Anda berusaha memperbaiki performa SEO-nya.

Akhir kata, selamat berburu domain COM! Jika Anda masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di akhir halaman ini. Kemudian, klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terhangat mengenai dunia online langsung dari email Anda
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: